Asesmen Lima Calon Duta Hukum HAM Jawa Barat
Asesmen 5
Pengertian
Tugas: Microteaching Dasar Komunikasi dan Keterampilan Public Speaking
Pengertian: Asesmen ini merupakan sebuah pendekatan pelatihan yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dan public speaking secara terstruktur dan terarah terhadap materi yang berhubungan dengan Pembinaan Kesadaran Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pada asesmen ini berdurasi minimal 180 detik (3 menit) dan maksimal 420 detik (7 menit).
Ketentuan
Durasi Video:
Minimal 180 detik (3 menit) dan Maksimal 420 detik (7 menit).
Persyaratan Peserta:
- Memiliki akun Instagram.
- Memiliki akun TikTok.
- Memiliki akun YouTube.
Ketentuan Akun:
- Akun Instagram, TikTok, dan YouTube tidak boleh diprivasi (private).
- Akun Instagram, TikTok, dan YouTube harus bersifat publik selama program asesmen berlangsung, hingga asesor memberitahukan peserta untuk memprivate akun kembali.
Kewajiban Peserta:
- Wajib mengikuti akun Instagram @fpshjabar dan @dutahukumhamjabar.
- Wajib mengikuti akun TikTok @fpshjabar.
- Wajib subscribe YouTube FPSH HAM Jawa Barat.
Format Video:
- Format video harus landscape (horizontal) dengan rasio 16:9.
- Video hanya wajib diunggah di YouTube masing-masing calon Duta Hukum dan HAM Jawa Barat.
Ketentuan Video:
- Video harus diberi judul.
- Video harus layak tonton (jelas, tidak gelap, audio jelas, dan gambar tidak goyang/shaking).
- Video dapat dibuat dengan menggunakan handphone atau kamera video.
Pengunggahan Video:
Sertakan hashtag #FPSHHAMJabar #DutaHukumHAMJabar #DutaHukumHAMJabar2024 pada Deskripsi Video di YouTube
Ketentuan Asesmen 5:
- Tugas Asesmen 5 bersifat perorangan.
- Calon Duta Hukum dan HAM hanya dapat mengirimkan 1 video.
- Isi konten Asesmen 5 tidak boleh memuat unsur pornografi, ujaran kebencian, bullying, serta tidak bertentangan dengan unsur SARA.
- Diperbolehkan menggunakan Power Point.
- Diperbolehkan menggunakan Aplikasi Zoom atau lainnya sebagai slideshow presentasi/pemaparan.
- Diperbolehkan menggunakan pakaian sekolah, atau menggunakan pakaian bebas, sopan, dan rapi.
- Diperbolehkan menggunakan ilustrasi, baik itu melibatkan talent orang, ataupun animasi, gambar, dan sebagainya.
Kewajiban Peserta:
Calon Duta Hukum dan HAM Jawa Barat wajib mengikuti, melaksanakan, dan mengerjakan 5 asesmen untuk dinyatakan layak sebagai Duta Hukum HAM Jawa Barat Tahun 2024.
Isi Video Asesmen 5:
Video Asesmen 5 harus memuat:
- Nama Lengkap
- Asal Sekolah
- Asal Kabupaten/Kota
Buat Video Penjelasan Terbaik Anda mengenai tema dibawah ini, pilih salah satu:
Pendidikan Karakter: Budi Pekerti, Etika, Adab Kesopanan, dan Pergaulan
Indikator:
- Budi Pekerti:
- Menunjukkan rasa hormat kepada orang tua, guru, dan orang yang lebih tua.
- Bertanggung jawab atas perbuatan dan perkataan sendiri.
- Jujur dan amanah dalam setiap tindakan.
- Peduli terhadap sesama dan mau membantu orang lain.
- Berani bertindak sesuai dengan prinsip yang diyakini.
- Etika:
- Menghargai perbedaan pendapat dan keyakinan orang lain.
- Berkomunikasi dengan baik dan sopan dalam berbagai situasi.
- Bertindak adil dan tidak diskriminatif terhadap orang lain.
- Menjaga kerahasiaan informasi dan data pribadi.
- Bertanggung jawab atas dampak dari tindakan dan kata-kata sendiri.
- Adab Kesopanan:
- Mengucapkan salam dan menyapa orang lain dengan ramah.
- Menggunakan bahasa yang sopan dan santun dalam pergaulan.
- Menjaga kebersihan dan kerapian diri serta lingkungan sekitar.
- Menghormati privasi orang lain.
- Menghargai waktu dan tidak menunda-nunda pekerjaan.
- Pergaulan:
- Memilih teman yang baik dan memiliki pengaruh positif.
- Menjauhi pergaulan yang tidak sehat dan berbahaya.
- Bersikap proaktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan.
- Menjaga toleransi dan saling menghargai antar kelompok.
- Berkomunikasi dengan baik dan efektif dalam berbagai situasi sosial.
Hukum dan HAM: Perspektif Hukum Tertulis dan Tidak Tertulis, Pengertian dan Fungsi Hukum, Pengertian dan Fungsi HAM, Penerapan Hukum dan HAM
Indikator:
- Perspektif Hukum Tertulis dan Tidak Tertulis:
- Memahami perbedaan antara hukum tertulis dan hukum tidak tertulis.
- Memberikan contoh hukum tertulis dan hukum tidak tertulis.
- Menjelaskan pentingnya hukum tertulis dan hukum tidak tertulis dalam kehidupan masyarakat.
- Pengertian dan Fungsi Hukum:
- Memahami pengertian hukum menurut para ahli.
- Menjelaskan fungsi hukum dalam kehidupan masyarakat.
- Memberikan contoh penerapan hukum dalam kehidupan sehari-hari.
- Pengertian dan Fungsi HAM:
- Memahami pengertian HAM menurut berbagai sumber.
- Menjelaskan jenis-jenis HAM yang diakui secara universal.
- Memberikan contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia.
- Penerapan Hukum dan HAM:
- Memahami prinsip-prinsip penegakan hukum yang adil dan transparan.
- Menjelaskan peran dan tanggung jawab individu dalam penegakan HAM.
- Memberikan contoh upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pelanggaran HAM.
Bela Negara: Pemahaman tentang NKRI, Ideologi, Pancasila, UUD, dan Pengertian Bela Negara bagi Pemuda/Pelajar
Indikator:
- Pemahaman tentang NKRI:
- Mengetahui sejarah singkat terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
- Memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.
- Menjelaskan pentingnya menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia.
- Ideologi:
- Memahami pengertian ideologi dan fungsinya bagi suatu bangsa.
- Menjelaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.
- Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Pancasila:
- Memahami rumusan Pancasila secara lengkap dan maknanya.
- Menjelaskan sila-sila Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Menganalisis berbagai tantangan dan upaya untuk menjaga kelestarian Pancasila.
- UUD:
- Mengetahui sejarah singkat terbentuknya Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).
- Memahami struktur dan isi UUD 1945.
- Menghormati dan menjunjung tinggi UUD 1945 sebagai konstitusi negara.
- Pengertian Bela Negara bagi Pemuda/Pelajar:
- Memahami pengertian Bela Negara menurut para ahli.
- Menjelaskan berbagai bentuk Bela Negara yang dapat dilakukan oleh pemuda/pelajar.
- Meningkatkan partisipasi dalam kegiatan Bela Negara untuk memperkuat ketahanan nasional.
Pemahaman tentang Aturan Berlalu Lintas
Indikator:
- Memahami rambu-rambu lalu lintas dan artinya.
- Mengetahui marka jalan dan fungsinya.
- Memahami peraturan tentang tata cara mengemudi dan berperilaku di jalan raya.
Menanamkan Sejak Dini tentang Pendidikan Antikorupsi
Indikator:
- Memahami pengertian korupsi dan dampak negatifnya bagi bangsa dan negara.
- Mengetahui nilai-nilai antikorupsi seperti kejujuran, integritas, dan akuntabilitas.
- Menerapkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.
- Berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan korupsi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Pemahaman Akhlak Sebagai Pondasi Utama
Indikator:
- Memahami pengertian akhlak dan pentingnya dalam kehidupan manusia.
- Mempelajari sifat-sifat terpuji (akhlak mulia) dan sifat-sifat tercela (akhlak tercela).
- Menerapkan sifat-sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
- Menjauhi sifat-sifat tercela dan berusaha untuk memperbaikinya.
Sejarah dan Wawasan Organisasi FPSH – HAM
Indikator:
- Memahami sejarah singkat terbentuknya Forum Peduli Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH – HAM).
- Mengetahui visi, misi, dan tujuan FPSH – HAM.
- Memahami struktur organisasi dan program kerja FPSH – HAM.
- Berpartisipasi dalam kegiatan FPSH – HAM untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan keadilan sosial.
Prosedur Pengiriman:
- Calon Duta Hukum dan HAM Jawa Barat 2024 mengisi formulir pengiriman tugas setelah menyelesaikan pembuatan Video Asesmen 5. (Formulir tersebut akan meminta tautan video karya yang telah diunggah pada YouTube Calon Duta Hukum dan HAM Jawa Barat).
- Video Asesmen 5 dapat diunggah di media sosial sekolah (YouTube) dengan tetap mengikuti ketentuan di atas.
- Format judul di Youtube mengikuti ketentuan sebagai berikut: #FPSHHAMJabar (spasi) Nama Lengkap_Asal Sekolah (spasi) Judul Video
- Tautan Video Asesmen 5 dikirimkan melalui formulir di halaman Tugas.
Batas Akhir Pengiriman Tugas: 30 Mei 2024
Isi Video Asesmen 5:
Kekuatan Karya:
- Asli: “Kekuatan Karya, Karya berisi pendapat yang memuat Isi Video Asesmen 5“
- Perbaikan: “Kekuatan Karya: Karya memuat pendapat yang sesuai dengan Isi Video Asesmen 5”
Orisinalitas Karya:
- Asli: “Orisinalitas Karya, Semakin terasa aspek kebaruannya maka bisa dikategorikan orisinil”
- Perbaikan: “Orisinalitas Karya: Semakin terasa aspek kebaruannya, maka karya tersebut dapat dikategorikan sebagai karya orisinal.”
Dinamika dan Kesan Karya:
- Asli: “Karya memiliki dinamika yang relevan dengan konteks materi; Tidak Monoton; Karya yang memiliki kesan kuat atau monumental dalam benak khalayak”
- Perbaikan: “Karya memiliki dinamika yang relevan dengan konteks materi dan tidak monoton. Karya yang memiliki kesan kuat atau monumental dalam benak khalayak akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi.”
Argumentasi yang Masuk Akal:
- Asli: “Argumentasi yang masuk akal, Sejauh mana pendapat pribadi yang diajukan dalam Video dapat dipertanggungjawabkan secara masuk akal”
- Perbaikan: “Argumentasi yang masuk akal: Sejauh mana pendapat pribadi yang diajukan dalam video dapat dipertanggungjawabkan secara logis.”
Kesesuaian dengan Tema:
- Asli: “Kesesuaian dengan Tema, Semakin ideal pengakomodasian tema dengan karya maka nilai dari Assesor semakin tinggi”
- Perbaikan: “Kesesuaian dengan Tema: Semakin ideal pengakomodasian tema dengan karya, maka nilai dari asesor akan semakin tinggi.”
Hitung mundur waktu Penutupan Pengerjaan Asesmen 5
Waktu Pengerjaan dimulai pada tanggal 22 Mei s.d. 30 Mei 2024